Minggu, 30 September 2012

Kurikulum Baru, Mata Pelajaran di SD Hanya 4

wamen dikbud
INILAH.COM, Bandung - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyebutkan pada kurikulum baru dipastikan akan ada mata pelajaran di sekolah yang berkurang.

"Di Sekolah Dasar (SD) nanti hanya akan ada empat mata pelajaran, di Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya tujuh mata pelajaran, dan di Sekolah Menengah Atas (SMA) hanya 10 mata pelajaran," katanya usai menyampaikan Kuliah Umum bagi Mahasiswa dan Sivitas Akademik FPIPS UPI di Balai Pertemuan UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Sabtu (29/9/2012).
Empat mata pelajaran di SD yakni Bahasa Indonesia, PPKn, Agama, dan Matematika. Sedangkan di SMP, dari empat mata pelajaran tersebut ditambah dengan Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Jadi masih kita diskusikan. Apakah untuk mata pelajaran Ilmu Pengatahuan antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), akan digabung atau dipisah. Kalau saat ini sih masih dipisah jadi jumlahnya masih tujuh," tambahnya.
Meski ada beberapa mata pelajaran yang tidak masuk dalam kurikulum yang baru, dia menegaskan bukan berarti mata pelajaran tersebut dihilangkan. Namun, mata pelajaran tersebut akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain. Misalnya di mata pelajaran Bahasa Indonesia selama dua jam, mata pelajaran pun lain bisa diintegrasikan.
"Jadi tidak dipisahkan, ini pelajaran Bahasa Indonesia tok, atau pelajaran Matematika tok. Akan ada integrated secara keseluruhan. Sehingga anak-anak tidak terlalu banyak dibebani dengan banyaknya mata pelajaran," tandasnya.[jul]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran serta komentar positiv sangat kami harapkan. Siapapun anda boleh memberikan komentar, kami tunggu yah !!!!