Sabtu, 02 Juni 2012

Buku Bergambar Nabi Muhammad Akibat Salah Cetak

Dirjen Pendis
Pendis - Publik Tanah Air beberapa hari belakangan dihebohkan buku cerita yang memuat visualisasi Nabi Muhammad SAW. Awalnya, visualisasi Nabi Muhammad hanya ditemukan di buku berjudul "Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi" yang tersimpan dan dikoleksi di sebuah SD Islam di Solo, Jawa Tengah. Namun hasil penelusuran Tim Kemenag, gambar Nabi Muhammad juga ditemukan di buku "Kisah Teladan dalam Islam" yang diterbitkan oleh Nobel Edumedia.

Dari pengamatan media, visualisasi Nabi Muhammad SAW yang dibalut dengan huruf Arab bertuliskan Muhammad dalam buku "Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi", termuat setidaknya di lima halaman yaitu di halaman 43, 44, 46, 47 dan 48.

Sementara dalam buku "Kisah Teladan dalam Islam" ,visualisasi Nabi Muhammad ditampilkan sebanyak tiga kali yaitu di cover bagian depan, cover bagian dalam dan halaman tujuh. Sosok Nabi Muhammad di buku itu ditampilkan dari belakang. Ilustrasi seseorang yang digambarkan sebagai Nabi Muhammad itu terlihat berjubah putih, menunggangi onta dan ditutupi huruf Arab bertuliskan Muhammad.


"Kesalahan ini bukan sebuah kesengajaan akan tetapi merupakan teknis pencetakan, yang kurang di dalam pencetakan buku dimaksud," kata Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/5), menyikapi hasil penelitian Kementerian Agama tentang buku cerita bergambar Nabi Muhammad yang salah satunya ditemukan di sebuah Sekolah Dasar (SD) Islam di Solo, Jawa Tengah, Nur Syam pun mengatakan bahwa masalah ini akibat ketidak-cermatan dalam pencetakan sehingga terjadi kesalahan cetak.

Oleh karena itu Kemenag tambah Nur Syam telah mengintruksikan untuk menarik buku-buku tersebut dari madrasah-madrasah yang telah dikirimi buku tersebut. Pihak penerbit pun diharapkan untuk dengan segera menarik seluruh buku dari peredaran sesegera mungkin.

"Sebagai gantinya, penerbit harus menerbitkan ulang buku dimaksud dengan terlebih dahulu memperbaiki ilustrasi yang bermasalah tersebut dan mengirimkan kembali ke madrasah sasaran. Sebelum buku tersebut dicetak maka harus diteliti dahulu yang melibatkan tim ahli di Kementerian Agama," paparnya.

Menurut dia, kedua buku berjudul "Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi" dan "Kisah Teladan dalam Islam" yang diterbitkan Nobel Edumedia itu tercantum di dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/725B/2010 tentang Penetapan Buku Ajar dan Referensi Madrasah Tahun 2010.

Selanjutnya Nur Syam menjelaskan, kedua buku dibeli oleh Kemenag melalui Daftar Pelaksanaan Isian Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun anggaran 2011 sebanyak 5.760 eksemplar dan didistribusikan ke 480 Madrasah Ibtidaiyah swasta di 6 provinsi serta diputuskan lewat Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Islam Nomor DJ.I/1473.J/2011 tertanggal 27 Oktober 2011.

"Keenam provinsi penerima distribusi buku itu sendiri yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.
sumber : ditjenpendis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran serta komentar positiv sangat kami harapkan. Siapapun anda boleh memberikan komentar, kami tunggu yah !!!!