Senin, 28 Mei 2012

Pelaksanaan UKK Mandiri Yang Pertama di hari Yang Pertama

Hari ini, Senin 28 Mei 2012 adalah hari pertama pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas yang dilakukan secara mandiri. Kemandirian ini dilakukan bukan untuk memberontak kebijakan yang ada dan sudah berlangsung sejak lama di Kemenag Kota Bogor, tapi semua ini dilakukan untuk meluruskan yang seharusnya dilakukan, karena sebagaimana yang diketahui bersama bahwa sesuai dengan permendiknas nomor 20 tahun 2007 yang namanya UTS, UAS, dan UKK adalah penilaian yang dilakukan oleh pendidik dibawah koordinasi satuan pendidikan. Bukan dibawah koordinasi KKM ataupun Seksi MAPENDA.
Ada kegairahan yang sangat luaar biasa yang ditampakan para guru MI Islamiyah Nurrosyidiyah begitu dikabarkan bahwa madrasah ini akan melakukan UKK mandiri, mereka bekerja keras menerapkan ilmu yang dimilikinya terkait penyusun soal ulangan tes baik soal pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Bahkan diantara mereka ada yang berkata :”Al Hamdulillah ilmu menyusun soal yang telah dipelajari selama ini, saat ini bisa juga dipraktikan”.

Banyak sekali keuntungan yang didapat jika berbagai macam ulangan mulai dari  UTS, UAS, dan UKK dilaksankan secara mandiri oleh sekolah masing-masing,  diantaranya :
  1.  Tidak ada biaya pembelian paket soal, kalaupun ada biaya yang dikeluarkan relative lebih mudah hanya untuk biaya poto copy saja.
  2. Para Guru bis mengasah keterampilannya menyusun dan merakit soal sendiri, sehingga kemampuan guru membuat soal bisa terus ditingkatkan
  3. Para guru bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari biaya penyusunan soal, kalau satu mata pelajarn dihargai Rp. 10.000,- saja dan setiap kelas ada 13 Mapel maka setiap guru kelas setidaknya mendapatkan hornor sebesar Rp. 130.000,- dari pembuatan naskah soal
  4. Waktu pelaksanaan ulangan bisa disesuaikan dengan ketersedian waktu yang ada sesuai dengan kalender pendidikan yang direncanakan
  5. Soal yang diterima siswa akan sesuai dengan yang dipelajari mereka karena soal dibuat oleh gurunya masing-masing. Sementara selama ini jika kegiatan ulangan dikerjakan bersama-sama dengan KKM sering terjadi adanya ketidak sesuaian antara soal yang diterima dengan materi yang disajikan kepada siswa.
Mohon doa restu dari semua, semoga pelaksanaan UKK ini bisa berjalan dengan Aman Tertib Lancar Dan Sukses (ATLAS). Berikut ini Jadwal Pelaksanaan UKK dalam 1 minggu ke depan.

JADWAL PELAKSANAAN ULANGAN KENAIKAN KELAS
MI ISLAMIYAH NURROSYIDIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Hari Tanggal
Mata Pelajaran
1
Senin,
Al Qur’an Hadits

28 Mei 2012
PKn
2
Selasa,
Fiqh

29 Mei 2012
Bahasa Indonesia
3
Rabu,
Aqidah Ahlak

30 Mei 2012
Matematika
4
Kamis
IPA

31 Mei 2012
Bahasa Arab
5
Jum’at
IPS

01 Juni 2012
Bahasa Sunda
6
Sabtu
Bahasa Inggris

02 Juni 2012
TIK
7
Senin
SKI

04 Juni 2012



Demikian Semoga Bermanfaat, amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran serta komentar positiv sangat kami harapkan. Siapapun anda boleh memberikan komentar, kami tunggu yah !!!!